Minggu, 08 Juli 2018

Pentingnya Belajar Sejak Kecil

Salam,
Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu. Memang lebih sulit dan cenderung lebih lama terbentuk. Namun jika sudah terbentuk akan bertahun - tahun, berpuluh-puluh tahun bahkan ribuan Tahun. Begitulah perumpamaan belajar atau menuntut ilmu di waktu kecil. Mungkin kita akan mulai dengan bersusah payah. Namun jika ilmu sudah didapat, ia akan melekat selama bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun  hingga ajal datang menjemput.

Betapa pentingnya belajar di waktu kecil karena ilmunya akan bertahan pada waktu yang lama. Tentunya akan bermanfaat  pemiliknya. Sebaliknya belajar di waktu tua bagai mengukir di atas air. Walaupun cepat selesai namun cepat pula ukiran tersebut rusak bahkan hilang. Itulah perumpamaan belajar di waktu usia sudah tua. Walaupun tidak selalu demikian.

Walau bagaimanapun akan lebih baik lagi jika kita mulai belajar sejak usia kita masih kecil karena akan lebih bermanfaat untuk diri kita. Oleh karena itu bagi anak-anak, jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk belajar selagi masih banyak waktu dan kesempatan. Karena kalau sudah tua kesempatan untuk belajar biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya beban tanggung jawab yang harus ia tunaikan. Jangan pernah menunda-nunda waktu belajar sampai hari tua datang.

"Melentur Buluh Bermula Dari Rebungnya"

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar